oleh

Dukung Muba Bebas Blankspot, Kementrian Kominfo Turun Uji Kualitas Sinyal Telekomunikasi

SEKAYU, iniberita.co.id — Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Operator Telekomunikasi (Telkomsel, XL dan Indosat) melakukan monitoring jaringan layanan telekomunikasi di wilayah Muba selama 4 (empat) hari mulai dari tanggal 18-22 Juni 2019.

Kepala Sub Direktorat Monitoring dan Evaluasi Telekomunikasi Khusus dan Jaringan Telekomunikasi Ditjen PPI Indra Apriadi selaku Koordinator Tim Monitoring di dampingi Kepala Seksi Keamanan Informasi dan Telekomunikasi Dinkominfo Muba Sumarlin, mengatakan telah melakukan monitoring kapasitas jaringan layanan telekomunikasi di dalam wilayah Kabupaten Muba baik sinyal 2G, 3G maupun 4G.

“Metode monitoring yang digunakan adalah Drive Test dengan melakukan pengujian kualitas sinyal 4G sambil berjalan, kecuali Kecamatan Batanghari Leko dilakukan pengujian dengan metode statis. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kualitas sinyal telekomunikasi yang ada di Kabupaten Muba”, ujar Indra.

Ditambahkan oleh Indra, hasil monitoring ini akan didapatkan data-data mentah yang akan diolah lebih lanjut oleh Tim PPI Kemkominfo di Jakarta,. “Segera hasilnya akan disampaikan ke Dinkominfo Muba dan dijadikan sebagai salah satu langkah pengambilan keputusan untuk merealisasikan Program Muba Bebas Blank Spot. Kemudian dari hasil analisa data tersebut akan diadakan rapat pembahasan terhadap data yang diperoleh dengan mengundang pihak Dinkominfo Muba dan Operator Telekomunikasi”, tutup Indra.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando mengatakan pengukuran kapasitas ini sebagai tindak lanjut dari Program Muba Bebas Blankspot yang diusung oleh Dinkominfo Muba dalam rangka mendukung terwujudnya Visi Muba Maju Berjaya 2022. Tim telah melakukam Drive Test mulai dari Batas Kabupaten dengan Banyuasin di Kecamatan Lais, Sekayu, Lawang Wetan, Babat Toman sampai ke Batas Kabupaten dengan Musi Rawas di Kecamatan Sangadesa. Dilanjutkan dengan ke Kecamatan Batanghari Leko, Keluang, Sungai Lilin, Tungkal Jaya sampai ke Batas Kabupaten dengan Muara Jambi di Bayung Lencir serta ke Kecamatan Sungai Lilin sampai ke batas Kabupaten dengan Banyuasin di Kecamatan Babat Supat.

“Mengingat keterbatasan waktu Tim PPI Kemkominfo, maka untuk saat ini diprioritaskan terlebih dulu untuk Kecamatan yang dilintasi Jalan Negara. Tahap selanjutnya Insya Allah kita lakukan untuk Kecamatan Plakat Tinggi, Sungai Keruh, Jirak Jaya dan Lalan. Saya berharap dengan adanya kegiatan survei dan monitoring ini didapatkan data yang valid terkait kondisi sinyal telekomunikasi dan kami berharap Kemkominfo dapat memfasilitasi agar pihak operator telekomunikasi dapat melakukan pengoptimalan sinyal telekomunikasi terutama sinyal 4G”, pungkas Dicky. *(MNS)*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *