oleh

Ikuti Diskusi Daring dengan Dirjen Otda Kemendagri

Empat Lawang,iniberita.co.id – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menggelar diskusi daring via zoom bersama dengan Dirjen Otda Kemendagri yang diwakili oleh Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan antar Lembaga (FKDH). Acara yang dipusatkan di ruang Bupati Empat Lawang itu membahas mengenai perencanaan dan pengelolaan APBD untuk penanganan Covid-19 di tingkat lokal.

“Kita hari ini, sedang melakukan diskusi daring bersama dengan Dirjen Otda Kemendagri serta dari FKDH. Terutama dalam membahas terhadap pengelolaan APBD dalam penanganan Covid-19 di tingkat lokal,”kata Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad.

Ia menegaskan bahwa, saat ini pandemi Covid-19 telah menyebar dengan cepat di Indonesia secara eksponensial. Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 maka pemerintah bersama DPR telah menyetujui penetapan Undang-Undang yang mengesahkan Perpu No.1 tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan negara untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Perppu tersebut berisi tentang Kebijakan Keuangan dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi coronavirus disease 2019,”tegasnya lagi.

Ia menilai, kondisi itu saat ini adalah pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah dan lembaga terkait harus mengambil kebijakan dan melakukan langkah-langkah tidak biasa. Ia pun meminta masyarakat untuk meyakini langkah yang diambil pemerintah untuk penanganan Covid-19 dan prediksi pemulihan ekonomi.

“Karena itulah, Langkah-lagkah dalam mengatasi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Empat Lawang terus kita lakukan. Bahkan kita tahu, saat ini Empat Lawang akan melakukan new normal,”ucapnya Kembali.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC) Shita Laksmi mengatakan, ditingkat daerah, pemerintah telah menerbitkan Permendagri No 20 tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 dilingkungan pemerintah daerah.

“Aturan ini kemudian yang mendorong terobosan 528 atau 93 persen provinsi/kabupaten/kota untuk mereformulasi APBD-nya untuk menganggarkan penanganan Covid-19,”ungkapnya.
Dalam rapat secara virtual itu juga dihadiri oleh , Direktur Yayasan TIFA Jeirry Sumampow/Board IB, , Kepala BPKAD Empat Lawang, M Daud, Diskominfo, Asnan, Kabag Protokol Setda Empat Lawang, Dely.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *