oleh

Antisipasi Karhutbunla, Pemkab Muba Siapkan Apel Di Lalan

SEKAYU, iniberita.co.id — Berbagai upaya pencegahan terus dimaksimalkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin, agar tidak lagi terjadi Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla).

Guna memastikan kesiapsiagaan jika terjadinya Karhutbunlah di Kabupaten Muba, dalam waktu dekat akan dilakukan apel bersama, yang direncanakan berlangsung di Lapangan Bola Kaki Kecamatan Lalan pada tanggal 29 September 2020 mendatang, di Desa Sukajadi Kabupaten OKI Sumsel.

Persiapan Apel Kesiapsiagaan Karhutbunlah ini rencananya akan melibatkan unsur TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, Damkar, Satpol-PP, Camat dan Kepala Desa.

Serta unsur-unsur yang dianggap perlu lainnya seperti Perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Muba.

“Apel Kesiapsiagaan Karhutbunlah nanti akan dipimpin langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin,” kata Kepala BPBD Muba Jhoni Martohonan AP, saat Rapat Persiapan Apel Karhutbunla di Musi Banyuasin, Jumat (18/9/2020).

Bupati Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekda Muba Apriyadi mengatakan, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya Karhutbunla di Kabupaten Muba.

Potensi terjadinya kebakaran hutan kebun dan lahan ini, lanjutnya, juga sudah sejak lama sudah diantisipasi. Dan ini juga menjadi perhatian serius dari Bupati Dodi Reza.

“Kita berharap dengan dilakukan apel kesiapsiagaan ini, kita semua semakin pro aktif memberikan pencerahan kepada masyarakat, untuk tidak membakar lahan atau hutan,” katanya.

Serta bisa membuktikan keseriusan kita semua dalam menangani Karhutbunlah jika terjadi. “Semoga kedepan tidak ada lagi titik api di Kabupaten Muba,” ucapnya.

Camat Lalan Andi Suharto menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tempat pelaksanaan yaitu di Lapangan Bola Kaki Desa Sukajadi Kecamatan Lalan.

Untuk pelaksanaan kegiatan nanti, pihaknya juga tetapi menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. “Pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan Karhutbunlah Kabupaten Muba akan dimulai pukul 10.00 WIB, di Desa Sukajadi,” katanya.

Senada Dandim 0401 Muba Letkol ARH Faris Kurniawan menambahkan, TNI dan Polri siap mendukung dan mensupport Pemkab Muba, untuk pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan Karhutbunla tersebut. “Kami juga menyarankan kepada Pemkab Muba, untuk libatkan dan undang seluruh perusahaan di Muba dalam Apel kesiapsiagaan Karhutbunla ini,” ungkapnya.

Dia berharap, agar mereka bisa mengetahui bagaimana dan sampai dimana partisipasi dan pengorbanan perusahaan untuk Kabupaten Muba ini. (riil/humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *