oleh

Bupati Empat Lawang Serahkan Bantuan Alsintan, Pada Kelompok Tani

EMPAT LAWANG,iniberita.co.id – Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Empat Lawang, mendapatkan alat mesin pertanian, bantuan benih jagung dan padi. Dan banguan bangunan bank pakan beserta alat mesin pertanian.

Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, usai pengukuhan kepengurusan KTNA seluruh Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang dan pelantikan Pemuda Tani dan Nelayan Empat Lawang, di Lapangan Talang Jawa Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hendra Lezi, mengatakan, bantuan tersebut berupa 8 unit alsintan power thresher, 8 unit cron sheller, 1 unit alsintan cron sheller mobil, 4 unit tractor roda 2, dan 3 unit alsintan pompa air.

Selain itu, juga diberikan bantuan benih jagung 144 hektar yang merupakan bantuan dari Pemkab Empat Lawang, dan bantuan benih padi inbrida seluas 2000 hektar serta bantuan biofortifikasi benih padi Ir Nutrizinc seluas 1.100 hektar yang semuanya merupakan bantuan dari Pemkab Empat Lawang.”

Dan bantuan pupuk hayati cair 2000 hektar dari Pemerintah Kabupaten Empat Lawang,” kata Hendra Lezi, Senin (11/9/2023).

Selain itu lanjut Hendra Lezi, ada juga bantuan 16 unit bank pakan ruminansia beserta alsintan dan 3 unit bank pakan unggas beserta alsintan.” Dan 6 unit bangunan bank pakan silase beserta alsintan,” ujarnya.

Bantuan ini dijelaskan Hendra Lezi, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, yaitu mewujudkan Empat Lawang yang Madani.

“Nah untuk menuju Empat Lawang madani, artinya kita bangun pertanian. Membangun pertanian itu kita memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh para petani,” jelasnya.

Terutama ditambahkannya, alsintannya, saprodinya. Maknya hari ini pemerintah memberikan bantuan berupa alsintan, saprodi, benih, pupuk, termasuk alat untuk pengelolahan lahan pasca panan.

Dia juga menambahkan, bantuan ini seluruh kecamatan mendapatkannya, tapi tergantung dengan jenis dan bentuk bantuannya.

Sementara itu Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan hasil produksi sehingga dapat mensejahterahkan masyarakat Kabupaten Empat Lawang.

Dan saya juga minya kepada kelompok tani, agar bantuan alat-alat pertanian iniĀ  dirawat dengan sebaik-baik mungkin. Kita berharap kedepan terjadi peningkatan produksi secara maksimal,” ungkapnya. (RIILS)

Komentar