oleh

Perusahaan di Muba Sepakat Perbaiki Jalan Rusak Di Wilker

#Kerusakan Jalan di Batanghari Leko dan Lalan

##Dinas PUPR Muba Buka Layanan Pengaduan Jalan Rusak Lewat WA

 

SEKAYU, iniberita.co.id Kerusakan ruas jalan yang terjadi di beberapa titik Kecamatan yang merupakan wilayah kerja (wilker) perusahaan akan diperbaiki dalam waktu dekat. Ini setelah dalam hasil kesepakatan yang dilakukan masing – masing pihak yakni dari perusahaan, pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan.

 

Camat Batang Hari Leko, Tazarni Haitami SSTP MSi menegaskan terkait kerusakan jalan di Desa Sako Suban, pihaknya telah memanggil pihak -pihak terkait untuk merapatkan solusi perbaikan terhadap kerusakan jalan tersebut.

 

“Jadi, 9 Februari lalu kita sudah melakukan kordinasi bersama dan melakukan rapat yang dihadiri mulai dari pihak pemerintah desa, polsek, koramil perusahaaan dan dinas pupr. Dari Rapat tersebut menghasilkan dua kesimpulan, diantara kesepakatan itu, pihak perusahaan bersedia membatu perbaikan jalan,” ungkap Tarzani.

 

Dikatakan, dalam waktu dekat perbaikan jalan akan segera diperbaiki namun saat ini kmasih menunggu surat izin dari KPH Meranti karena wilayah tersebut masuk dalam hutan kawasan. Sehingga perbaikan tidak bisa langsung dilakukan serta merta karena memerlukan izin terlebih dahulu dari pihak KPH Meranti.

 

“Untuk surat izin sudah disampaikan oleh Pemerintah Desa, saat ini tengah berporses, tinggal rencana akan ada pertemuan terlebih dahulu anatara pihak perusahaan, pihak desa dan KPH Meranti,” terangnya.

Tazarni menyebutkan, dua kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat yakni pertama pihak Desa bertanggung jawab terhadap keamanan setempat bayang dan mengawal pekerjaan perbaikan jalan selama kegiatan berlangsung dalam membuat surat dari KPH Meranti

 

“Kedua, pihak perusahaan PT Conoco Philips dan PT BPP siap bertanggung jawab terhadap material Gravall, PT MBI siap bertanggung jawab terhadap alat perbaikan dan PT MMJ serta PT Reki bertanggung jawab terhadap transport material Gravall,” bebernya.

 

Sementara, untuk perbaikan kerusakan jalan di Desa Ulak Kembang, saat ini tengah berproses dan menunggul alat dari pihak PUPR yang saat ini tengah melakukan perbaikan di wilayah lain.

 

“Kami minta, masyarakat untuk bersabar, InshaAllah kerusakan jalan yang ada dibeberapa titik dalam wilayah Kecamatan Batang Hari leko akan di perbaiki tidak hanya di Desa Ulak Kembang,” urainya.

 

Lanjutnya, untuk rencana trak perbaikan setelah pihak Kecamatan berkoordinasi dengan pihak PUPR jalan atau lintasan track yang akan diperbaiki mulai dari Desa ,Kasmaran pinggap menuju Desa Tanah Abang kemudian jalan di Desa Ulak kembang, Sungai Napal dan Talang Buluh.

 

“Masyarakat diminta bersabar, Perbaikan akan dilakukan, kita memaklumi karena saat ini intesitas curah hujan yang cukup tinggi banyak perbaikan yang dilakukan,”tukasnya.

 

Sementara untuk kerusakan jalan yang dibangun pemda berada di Kecamatan Lalan, Kepala dinas PUPR Muba Herman Mayori ST, MT menyebutkan dari hasil musyawarah dari berbagai pihak terkait percepatan perbaikan Jalan Pemda yang dihadiri oleh Camat Lalan danramil PUPR, PT SHP, PT BKI /SCK PT MAS, pengusaha angkutan dan tokoh pemuda lalan ada 18 poin yang telah disepakati.

 

“Alhamdulillah, untuk perbaikan di titik kerusakan jalan pemda hasil koordinasi semua pihak terkait, sepakat pihak perusaahan yang ikut andil melintasi jalan tersebut siap melakukan perbaikan dengan berkorndinasi dengan pihak PUPR,” ungkap Herman.

 

Selanjutnya, dari kesepakatan tersebut 18 poin yang menjadi kesepakatan bersama yakni diantaranya bersama-sama setuju untuk menjaga memperbaiki dan memelihara Jalan Pemda dari galih Sari sampai /P 11 menuju Mekar Jadi/ B2 Sungai Lilin, Sehubungan dengan adanya kerusakan di beberapa titik di jalan tersebut maka disepakati akan melaksanakan perbaikan di STA 19+000 sampai dengan 24 + 900.

 

Kemudian, karena di titik kerusakan poin 2 di wilayah ring 1 Kecamatan Lalan maka proses perbaikan dibantu oleh tiga perusahaan yang beroperasi di wilayah kecamatan Lalan diantaranya PT BKI -SCK, PT SHP dan PT MAS, perbaikan tersebut disebabkan juga dari pemilik mobil perusahaan sawit yang beroperasi di wilayah kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin dan Kecamatan Selat penuguan Kabupaten Musi Banyuasin.

 

“Guna percepatan perbaikan jalan tersebut dari perusahaan siap menurunkan alat berat berupa road grader, road compactor loader, Tanah timbunan pilihan sesuai dengan spek dari dinas PU PR, dan ada beberapa hal lainnya yang telah disepakati dalam 18 poin tersebut,” bebernya.

 

Dinas PUPR sangat berterimakasih sekali dengan adanya kerjasama antara pemerintah kabupaten, swasta dan masyarakat dalam pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, semoga kerjasama ini dapat terwujud juga di beberapa kecamatan lain yg ada di Kabupaten Muba.

 

“Ke depan kita berharap, agar bagi masyarakat yang hendak menyampaikan asipirasi atau laporan pengaduan menyangkut pelayanan Dinas PU PR Kabupaten Muba mengenai jalan dan jembatan serta penerangan lampu jalan yang mungkin mengalami kerusakan bisa melakukan pelaporan atas pengaduan online melalui layanan pengaduan Dinas PU PR Kabupaten Muba via WhatsApp di nomor 08120000312 pengaduan online dapat disampaikan via aplikasi WhatsApp pada jam kerja mulai dari pukul 07.30 sampai dengan 16.00WIB,” tukasnya.

 

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menegaskan, agar para pihak perusahaan terkait harus turut andil bertanggung jawab atas kerusakan di wilker setempat. “Saya minta betul ini segera diatasi dengan cepat,” tegasnya.

 

Lanjut Dodi, bagi warga masyarakat Muba silahkan melaporkan kalau ada kerusakan jalan di masing-masing wilayah ke Dinas PUPR Muba lewat layanan pengaduan di whatsapp. “Dinas PUPR harus cepat tanggap dengan semua laporan warga Muba, ini demi kelancaran dan kebaikan bersama,” tandasnya. (riil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *