oleh

Ikut Uji Balon Kades, Kasi Intel; Bagaimana Mau Memimpin Kalau Tidak Tau Ideologi

SEKAYU, iniberita.co.id — Dalam rangka pelaksaan kegiataan peningkatan bakal calon kepala desa (Balon Kades) dan salah satu syarat bakal calon kades untuk mendaftarkan diri sebagai calon Kepala Desa dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022.

Kepala Kejaksaan Negeri Mudi Banyuasin Bapak Marcos MM Simaremare yang diwakili Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin, Abu nawas SH beserta staff Ardhia Azim, SH, dan Fadheil Irhamsyah, SH, ikut andil dalam menguji bakal calon kades terkait mental ideologi dan wawasan Kebangsaan berlokasi di Kantor Kesbangpol Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (26/07/2022).

Dalam giat itu, Kasi Intel Kejari Muba menguji pemahan bakal calon kades terkait mental ideologi dan wawasan Kebangsaan. Di sela-sela sesi kegiatan ketika di wawancarai awak media, Kepala Seksi Intelijen Kejari Muba Abu Nawas, SH mengatakan, ujian tersebut adalah salah satu syarat penting bagi bakal calon kades.

“dimana sebelum mereka mencalonkan diri, para panitia dan pengawas harus mengetahui bagaimana pengetahuan mereka terkait ideologi dan wawasan kebangsaan mereka terhadap negara mereka sendiri, Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena mereka akan menjadi sosok pemimpin di desa mereka, bagaimana mereka ingin menjadi seorang pemimpin, kalau mereka sendiri tidak mengetahui apa ideologi negara mereka,” terangnya.

Dirinya menjelaskan bahwa kehadiran Kejaksaan Negeri Muba dalam acara ini yang menguji terhadap 6 (enam) orang balon kades dari kecataman Lalan adalah untuk membantu kerja pemkab Muba yakni Kesbangpol dan Dinas PMD Muba agar proses penjaringan balon kades di Kab. Muba berjalan dengan baik.

“Harapan kami dalam proses tersebut tidak ada interfensi dari pihak manapun, dan Insya Allah kedepan mendapat pemimpin yang sesuai harapan masyarkat dan memajukan Desanya masing- masing, untuk membantu kerja Pemerintah Daerah khususnya Bupati Muba selaku pimpinan daerah,” urainya.

Terpisah, Kabid Kesbang Muba, Firmantinus menerangkan, bahwa pihak kesbangpol membantu pelaksanaan proses penjaringan balon Kades di seluruh Kecamatan di wilayah Kabupaten Muba tahun 2022 agar para balon kades paham tentang Ideologi wawasan kebangsaan.

“Dengan dilakukan uji tes Mental, Ideologi, dan Wawasan ini, besar harapan kami para balon kades dapat mendukung program pemerintah khususnya kabupaten Muba dan mencintai NKRI supaya tidak ada pemahaman – pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” tutupnya singkat. (rilis)

Komentar