oleh

Kecam Tindakan Represif, Gabungan Aktivis Palembang Geruduk Polda Sumsel

PALEMBANG, iniberita.co.id — Gabungan organisasi-organisasi mahasiswa seperti HMI, IMM, KAMMI, dan beberapa BEM Universitas di Kota Palembang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Se-Kota Palembang melakukan Aksi Damai di depan MAPOLDA Sumatera Selatan, Jumat (24/5/2019)

Dalam tuntutannya puluhan mahasiswa tersebut menuntut tindakan represif aparat kepolisian terhadap masa aksi di depan kantor Bawaslu RI (22/5). Kordinator Aksi Dedi Busro menyampaikan bahwa aksi ini murni dari hati para mahasiswa yang merasakan miris terhadap kondisi di Jakarta beberapa hari lalu.

“Aksi ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap teman-teman kami yang mendapatkan tindakan represif oleh pihak kepolisian saat aksi di depan Bawaslu RI” ujarnya.

Selain itu Ketua Umum HMI Cabang Palembang Eko Henduyono juga menyampaikan bahwa dalam tuntutan ini kami juga menyuarakan tuntutan terhadap pemerintah terkait pembungkaman secara tidak langsung yang telah dilakukan oleh pihak pemerintah.

“Kami dari gabungan elemen mahasiswa hari ini datang untuk menyuarakan aspirasi terkait kondisi demokrasi hari ini, pembatasan informasi yang dilakukan pemerintah dengan melakukan take down akun-akun media sosial tersebut bertentangan dengan UU No.39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Ini tentu menciderai nilai-nilai demokrasi yang harusnya seluruh masyarakat berhak mendapatkan informasi” ujarnya.

Aksi yang berlangsung sempat di guyur hujan, namun masa aksi tetap melanjutkan aksi damainya. Selain itu aksi dorong-dorongan antara aksi unjuk rasa dan pihak kepolisian pun sempat terjadi, namun tidak sampai terjadi bentrok.

Setelah aksi selama beberapa jam, akhirnya Kapolda Sumatera Selatan datang menemui masa aksi sambik menerikkan “Hidup Mahasiswa”. Di hadapan Aksi masa Kapolda Sumatera Selatan menyampaikan bahwa beliau tentu akan menyampaikan tuntutan dan aspirasi teman-teman mahasiswa ini ke pihak POLRI.

“Saya tadi baru dapat info dari telegram, setelah tau saya langsung menuju Polda. Aspirasi dan tuntutan teman-teman mahasiswa tentu akan langsung Polda Sumatera Selatan sampaikan ke Polri,” bebernya.

Setelah mendapatkan tanggapan dari pihak kepolisian, aksi masa bersama-sama dengan pihak kepolisian berfoto bersama sebagai bentuk persatuan menjaga kondusifitas di Kota Palembang. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *